Dampak negatif dari penggunaan internet

Internet itu ibarat pisau. Pisau bisa bernilai positif bila digunakan untuk hal-hal yang positif seperti untuk membantu pekerjaan didapur, tapi bisa bernilai negatif bila disalahgunakan, seperti untuk membunuh orang.
Sama dengan internet. Sebenarnya internet memiliki manfaat yang sangat positif bila penggunanya menggunakan untuk hal-hal yang positif, seperti memanfaatkannya sebagai sumber pengetahuan dan informasi. Tapi ia akan bernilai negatif jika digunakan untuk hal-hal yang terlarang, seperti pornografi dan kejahatan lainnya.
Jadi dampak dari penggunaan internet tergantung penggunanya. Yang menyajikan hal-hal positif di internet adalah manusia, dan yang menyajikan hal-hal yang negatif (pornografi, pornoaksi, dll) juga manusia.
Catatan ini sekedar untuk melengkapi bahan pembelajaran TIK semester I kelas IX di madrasah tsanawiyah, yaitu materi “Dampak Positif dan Dampak Negatif Penggunaan Internet.
Adapun dampak negatif dari penggunaan internet antara lain:
  • Kecanduan Game Online dan Fasilitas lain di internet sehingga menimbulkan dampak-dampak lain, seperti malas belajar, malas bekerja, malas mengerjakan tugas sekolah, malas berolahraga dll.
Seiring berjalannya waktu, teknologi internet berkembang dengan pesat. Salah satunya teknologi di bidang game. Saat ini, sudah banyak game-game online bermunculan. Namun banyak diantara kita yang ketagihan dengan sensai yang diberikan game online tersebut. Sehingga rasa kecanduan itu muncul, sama seperti kecanduan seseorang pengguna narkoba.
  •  Sikap Individualisme
Seseorang cenderung bersikap menyendiri jika sudah mendapatkan apa yang ia inginkan dan apa yang membuatnya merasa senang. Mungkin beberapa diantara kita ada yang merasa asik atau senang saat menggunakan internet sehingga membuat perilaku dan sikap kita ke arah individualis.
  •  Munculnya Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Terutama bagi kaum remaja Disana mereka bisa melihat gambar-gambar porno, adegan-adegan yang bisa menggoyahkan iman manusia, dan itu semua dapat merusak moral para remaja yang merupaka generasi penerus bangsa.
  •  Menjadi pemicu kekejaman dan kesadisan (Violence and Gore)
Banyak juga game-game online yang memperlihatkan hal yang bersifat sadis, kejam. Hal ini bisa bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal, perilaku agresif dan sadisme terutama bagi anak-anak.
  •  Dijadikan media Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Contohnya  adalah penipuan undian berhadiah, atau iklan-iklan/program kaya secara instan . Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
  •  Munculnya Carding (Kejahatan penggunaan karu kredit)
Tren belanja dengan menggunakan kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet karena sifatnya yang real time (langsung). Oleh sebab itu para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan kartu kredit) on-line dan mencatat kode kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
Diantaranya adalah pencurian uang di bank melalui internet, dan biasanya orang yang ahli di bidang itu disebut Hacker. Perbuatan kriminal tersebut sulit untuk di deteksi karena mereka menggunakan taktik sendiri dan kode-kode tertentu dalam pelaksanaan misi mereka. Ada juga membeli barang tertentu menggunakan kode kartu kredit orang lain tanpa diketahui oleh pemiliknya ternyata saldo di rekeningnya telah berkurang.
  •  Menggunakan fasilitas internet sebagai ajang perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya, hanya cukup online dari rumah saja, dan taruhannya biasanya ditransfer melalui kartu kredit. Namun kita tidak mudah terjebak dari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
sumber : http://zaenalkhayat.wordpress.com/2013/09/11/dampak-negatif-internet/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar